HOME  |  SERVICES  |  Profile  |  RSS

 

IT Certified vs IT SMA

12:10 AM


Kadang banyak diantara para IT ingin mempunyai sertifikasi seperti cisco ccna atau lulusan sarjana luar negeri sekalipun, tujuannya supaya dia mendapatkan pekerjaan dengan jabatan yangg tinggi dan masuk ke perusahaan ternama, tapi pentingkah semua itu ?

Dalam benak ini saya berfikir untuk apa semua sertifikat itu? Toh dalam kenyataan dilapangan banyak juga yang lulusan ccna kemampuannya kalah sama lulusan smk.

Apa yang sebenarnya dinilai oleh perusahaan dalam merekrut seorang IT. Ini harus benar-benar dipelajari oleh seorang personalia atau sang manager.

Perusahaan kalau ingin merekrut IT yang profesional dengan embel-embel sertifikat/titel yangg tinggi tentunya harus membayar gaji mahal ke dia. Pengalaman tak usah dipikirkan lagi mungkin dengan ijazah dia yakin ini pasti orang pintar. Dan bagi perusahaan dapat sesuka hati memerintah dia dengan tugas apapun karena dia yakin dia pasti bisa.

Kalau IT yang lulusan sma dan masih belajar perusahaan dapat memberi dia dengan gaji sedikit dan kwalitas dia juga dapat dikembangkan lagi dengan belajar mengikuti perkembangan teknologi atau kondisi dan masalah dilapangan. Disinilah kelebihan dia dengan berbagai pengalaman dan ilmu otodidak dia akan berusaha menyaingi ilmu seorang sarjana atau certified ccna.

Namun apakah dia juga bisa menyaingi gaji seorang sarjana atau it certified? belum tentu. Meskipun sudah pede dia pinter dan yakin dengan mudah dapat menyelesaikan segala urusan network dan software, dia harus sadar diri bahwa gaji, job desc dan jam kerja memang tergantung kebijakan perusahaan.

Tapi meskipun gajinya sedikit perusahaan pun harusnya tau porsi, pekerjaan dia harus setara dengan gajinya. Dan harusnya tidak menekan dia dengan setumpuk tugas yang harus diselesaikan segera. Inilah yg sering dikeluhkan para IT dilapangan.

-
Sent from my BlackBerry®
qodirly.blogspot.com

2 comments:

Anonymous said...

yupppp...sama mas

Anonymous said...

Wahh mantab ini !!! betul2, yg penting cari duit. Tergantung kebutuhan. Berikan sesuai dgn yg diberikan perusahaan. Toh kita juga butuh kemapanan.





CO.CC:Free Domain